Putin ungkap program ruang angkasa 50 miliar dolar AS

presiden vladimir putin selama jumat mengungkapkan langkah baru rusia senilai 50 miliar dolar agar mengekalkan supremasinya sebagai kekuatan antariksa, termasuk konstruksi pangkalan selama antariksa (cosmodrome) bidang baru tempat manusia hendak terbang ke angkasa dalam akhir dekade.

lima puluh dua tahun ke hari dari yuri gargarin merupakan pahlawan uni soviet melalui mengerjakan penerbangan manusia pertama ke angkasa, putin meninjau fasilitas masih (vostochny cosmodrome) itu dalam kawasan amur dalam timur jauh.

putin mengatakan pada pembicaraan telekonfrens dengan kaum awak multinasional dari stasiun ruang angkasa internasuional (iss) kiranya rusia harapkan memiliki peluncuran-peluncuran pertama daripada vostochny di 2015 serta peluncuran pertama dengan awak selama 2018.

ini mau jadi web peluncuran hebat. makan waktu berlarut agar bekerja sama dengan namun kini perhatian semuanya tengah berjalan, tutur putin dalam komentar-komentar yang disiarkan televisi negara, seraya menambahkan bahwa vostochny hendak beroperasi penuh dalam 2020.

Informasi Lainnya:

rusia masih membawa seluruh peluncuran berawak daripada cosmodrome baikonur selama kazakhstan -- info sama dan dimanfaatkan gargarin ketika melakukan penerbangan ke ruang angkasa yang bersejarah -- tapi ini dibayang-bayangi dengan perselisihan soal penyewaan melalui penguasa kazakhstan.

program ruang angkasa rusia terganggu pada beberapa tahun terakhir dengan kegagalan peluncuran satelit tak berawak sementara putin berjanji moskow mau terus memberikan dukungan.

menurut dia, untuk kurun waktu 2013-2020, rusia mau menganggarkan dana senilai 1,6 trilun rubel (51,8 miliar dolar as) agar sektor antariksa, suatu pertumbuhan yang lebih sulit daripada negara-negara dan memiliki skill selama bidang teknologi luar angkasa yang lain.

putin mengeluh sebab negerinya teringgal dari negara-negara lain selama aktifitas luar angkasa disamping penerbangan berawak, dan dia katakan sudah merupakan prioritas situs ruang angkasa rusia.

ada jurang sulit diantara kami serta negara-negara lain di teknologi mutakhir program ruang angkasa, tutur putin.

salah Salah satu kegagalan yang paling memalukan rusia adalah kehilangan pesawat ruang angkasa phobos-grunt ke mars dalam lalu yang jatuh berkeping-keping ke bumi padahal tujuannya merampungkan misi mengunjungi Salah satu bulan matian.

sementara tersebut kantor berita inggris reuters melaporkan bahwa putin harapkan fasilitas itu yang ingin dimanfaatkan supaya mengekplorasi bulan dan ruang angkasa beserta isinya juga mau dimanfaatkan oleh amerika serikat juga eropa.

saya amat harapkan fasilitas ini ingin digunakan serta tidak cuma dengan kaum spesialis kami sementara juga oleh spesialis dari as, eropa juga negara-negara lain, kata putin.

rusia menginginkan fasilitas peluncuran itu yang terletak tidak jauh perbatasan china, menjadi saingan kepada fasilitas di kazakhstan, demikian dikutip reuters dan afp.