India optimis sengketa dengan China bisa diselesaikan

perdana menteri india manmohan singh, sabtu, menungkapkan ia yakin sengketa perbatasan menyangkut suatu penampilan penyerbuan tentara china mampu diselesaikan, kata kantor berita press trust of india (pti).

itu adalah Satu masalah daerah, kami yakin tersebut mampu diselesaikan, tutur singh yang dikutip kantor berita itu setelah tentara china dituduh memasuki daerah yang disengketakan dalam ladakh awal bulan ini.

india serta china memiliki Salah satu perbatasan dan disengketakan, juga hubungan mereka sering terganggu sejak perang perbatasan tahun 1962. penyerbuan yang dituduh tersebut adalah Salah satu ketegangan masih diantara dua negara asia dan bertetangga itu.

pernyataan singh itu dikemukakan sesudah menteri pertahanan india shashi kant sharma menyampaian Salah satu catatan tentang insiden itu pada pengawas parlemen, jumat, selama mana media lokal menungkapkan ia menuduh tentara china memasuki hampir 20 kilometer ke selama wilayah dan diklaim adalah teritori india.

Informasi Lainnya:

pernyataan perdana menteri itu, pertama yang disampaikannya mengenai sengketa itu, mengulangi pernyataan-pernyataan para menteri pemerintah lainnya yang mengabaikan penyerbuan di bagian barat wilayah ladakh selama kashmir dan dikuasai india juga menegaskan masalah tersebut bisa diselesaikan dengan damai.

kami telah mempunyai Satu rencana, kami tak hendak memperbesar situasi itu, tutur singh, tidak menunjukan lebih jauh.

menurut kaum pejabat dalam new delhi, Satu peleton pasukan china mengembangkan Salah satu kamp selama dalam daerah india itu dalam 15 april.

menteri luar negeri india salman khurshid awal pekan ini mengumumkan ia hendak bertolak ke china dalam 8 mei, serta menungkapkan kedua negara memiliki kebutuhan bersama tidak mengizinkan sengketa itu merusak hubungan telah mengalami kemajuan di masa berlalu.

perundingan-perundingan tingkat perwira militer yang lebih rendah sejauh ini gagal mengatasi kemacetan selama menyelesaikan sengketa itu.