Kementerian Perdagangan prioritaskan peningkatan kesadaran konsumen

kementerian perdagangan (kemendag) mementingkan peningkatan kesadaran konsumen sebelum mencari atau mencari koleksi dan jasa dibanding memproses secara legal komplain pelanggan.

kami tidak begitu menekankan masalah pengaduan. masalah pengaduan tersebut nanti mau berujung dalam proses pengadilan serta tersebut hendak panjang ceritanya, kata wakil menteri perdagangan, bayu krisnamurthi, selepas peringatan hari pelanggan nasional di jakarta, sabtu (20/4).

kementerian perdagangan, berdasarkan dia, lebih mengutamakan program peningkatan kesadaran konsumen ketika hendak mengkonsumsi produk serta penyedia layanan seperti membaca ketentuan atau kesesuaian pilihan juga jasa dengan janji produsen.

krisnamurthi melanjutkan konsumen indonesia sediakan hak agar menolak produk barang ataupun jasa yang tak pas dengan janji-janji beriklan.

Informasi Lainnya:

mereka (konsumen) bersuara, kami hendak fasilitasi serta mau menyebutkan, perusahaan atau merek tersebut tak sesuai 2012 dipublikasikan. konsumen lain adalah sadar juga tak membeli. itu justru lebih kuat daripada cuma mengadu serta menuntut, kata dia.

kemendag, lanjut dia, serta melibatkan sederat institusi aturan, pendidikan, juga organisasi massa agar memperbaiki kesadaran pelanggan.

ini (kesadaran pelanggan) adalah suatu gerakan pendidikan warga. kami masih mengetahui apakah kesadaran ini usah masuk dalam kurikulum serta tak, papar dia.

bayu menambahkan kesadaran konsumen indonesia supaya mencari juga mengambil keputusan konsumsi dengan cerdas serta turut mendatangkan ketahanan ekonomi daripada perdagangan barang serta jasa impor.