Peristiwa Yasukuni batalkan kunjungan menteri Korea Selatan ke Jepang

menteri luar negeri korea selatan, yun byung-se, telah membatalkan lawatan ke jepang setelah perdana menteri jepang, shinzo abe, mengirim sesaji ke kuil yasukuni, kuil lambang militerisme jepang.

kantor berita korea selatan, yonhap, menyatakan, abe, seorang nasionalis dan blak-blakan, di minggu kemarin, mengirimkan sesaji untuk upacara pada pohon pinus kuil yasukuni. abe tak mengunjungi kuil tersebut namun dua pihak menteri juga wakil kepala kabinet mengunjungi yasukuni akhir pekan kemarin.

kunjungan pejabat terpercaya jepang ke yasukuni selalu memesan marah korban serangan jepang dalam waktu perang, termasuk china serta korea selatan.

kuil yasukini kepada jepang dan merupakan website penghormatan bagi 14 petinggi serta sederat pihak yang gugur pada perang, namun dengan negara tetangga mereka dianggap dibuat penjahat perang. jepang sudah menganeksasi semenanjung korea juga manchuria di china pasca perang dunia i.

Informasi Lainnya:

seorang pejabat korea selatan menungkapkan terhadap yonhap bahwa semula yun ingin membahas arah hubungan bilateral jepang-korea selatan di rencana lawatannya ke jepang.

namun dengan keadaan semisal ini, selama posisi kami akan besar supaya mengerjakan dialog yang produktif, juga yun mengambil langkah supaya tidak beranjak ke jepang kali ini, kata pejabat itu, dan menolak disebut namanya.