55,2 juta UKM butuh dukungan IT

55,2 juta unit usaha kecil serta menengah di sejumlah wilayah indonesia memerlukan dukungan kooperasi juga teknologi, sementara kasus koperasi selama indonesia 192 ribuan, kata menteri koperasi juga ukm syarief hasan.

itu artinya baru diperlukan penambahan jumlah koperasi khusus agar wilayah pedesaan. tapi tentunya harus dilengkapi dengan teknologi bersistem info, kata syarief ketika berkunjung ke kampar, riau, supaya meresmikan kabupaten tersebut sebagai kabupaten koperasi nasional, selasa.

menkop memperkirakan sekitar 50 persen dari 192 ribu koperasi berada pada pedesaan, termasuk desa-desa tertinggal.

dia menyebutkan para pelaku ukm di sederat desa tertinggal tak maju, malahan terancam gulung tikar.

Informasi Lainnya:

untuk tersebut, kementerian koperasi dan ukm membentuk web yang mensinerhikan ukm dan koperasi melalui dukungan teknologi.

syarief mengatakan sudah saatnya koperasi serta ukm memanfaatkan teknologi, khususnya teknologi Informasi serta komunikasi (tik) dan bisa mendongkrak produktivitas serta kinerja.

teknologi menurut syarief mampu meningkatkan daya saing pilihan, jasa serta kinerja koperasi serta ukm indonesia, juga meminimalkan biaya operasional.

kami mengharapkan koperasi beralih dari sistem pembukuan manual ke sistem akuntansi digital juga terintegrasi, ujarnya.

menurut dia, angka ukm di indonesia semua tahun selalu meningkat dengan rata-rata tumbuh 7 - 8 persen. saat ini tercatat 55,2 juta unit ukm dalam indonesia juga diprediksi merupakan 58 juta unit selama 2014, sementara koperasi, banyak sekitar 192.000 unit.