Banjir Aceh Barat landa 322 desa

bupati aceh barat t alaidinsyah menyebutkan banjir melanda sebanyak 322 desa yang tersebar pada 12 kecamatan, namun tidak banyak korban jiwa dalam bencana itu.

sejauh ini tak banyak korban jiwa serta kami berharap hujan tak lagi turun. kondisinya ketika ini telah darurat serta warga kita minta tetap waspada, katanya pada meulaboh, sabtu malam.

saat mengunjungi tujuan pengungsian pada kecamatan johan pahlawan, bupati alaidinsyah menyatakan kawasan terparah dilanda banjir merupakan woyla timur dan berjarak kurang lebih 50 kilometer arah utara meulaboh.

didampingi kepala jenis kedaruratan badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) aceh barat dedek risman, ia menungkapkan seluruh tim siaga bencana telah siaga disejumlah tujuan serta mengevakuasi penduduk ketempat lebih alami.

Informasi Lainnya:

menurut alaidinsyah, sekalipun tidak ada korban jiwa, kerugian diperkirakan cukup sulit karena banyak empat unit rumah penduduk juga penghubung rusak dalam kecamatan pante ceureumen, dan woyla timur.

untuk kerugian masih di pendataan. keuntungan yang jelas saat ini ada padi petani dan sudah pada panen hanyut akibat banjir, ujarnya menambahkan.

sementara tersebut dedek risman menambahkan, pihaknya mendirikan dapur umum selama desa pasie mesjid kecamatan johan pahlawan, tetapi supaya kecamatan lainnya hanya dikirim logistik dengan perahu karet.

lebih 5.000 jiwa yang telah didata untuk pengungsi juga mendapat jatah bantuan logistik.

warga woyla timur dan kecamatan lain tak mau dievakuasi sebab tersebut kita cuma mengirimkan logistik sebab disana mereka mengungsi dalam kawasan lebih tinggi yang sifatnya berpencar-pencar, ujarnya menambahkan.

samsuar, salah asli pengungsi korban banjir asal desa pasie masjid johan pahlawan menyatakan desanya sudah seringkali dilanda banjir.

seharusnya dibangun tebing dipingir sungai dan saluran air dibenahi, sebab banjir disini disamping penentu hujan serta sungai meureubo itu paling mengancam, terlebih pemukiman kami gampat ditempuh melalui aliran sungai, ujarnya.

banjir dan menyebabkan terputusnya arus transportasi darat meulaboh-tutut karena ketingian air dalam bada jalan hampir Salah satu meter.