Iran: Korut dipaksa berkonfrontasi dengan AS

korea utara tak miliki koleksi disamping berkonfrontasi melalui amerika serikat, dan seharusnya disalahkan atas ketegangan selama semenanjung korea, tutur asli jenderal iran.

ketegangan di wilayah tersebut disebabkan dengan desakan amerika serikat... dan pengetatan sanksi kepada korut, papar wakil kepala staf angkatan darat iran, brigjen masoud jazayeri, semisal dikutip kantor berita fars, jumat.

sebagai akibatnya, pemerintah korut tidak miliki produk selain mengonfrontasi aksi amerika serikat, katanya.

jazayeri serta menyalahkan kelompok pemicu perang dalam amerika serikat atas meningkatnya ketegangan itu.

Informasi Lainnya:

pyongyang, dan marah akibat sejumlah sanksi perserikatan bangsa bangsa juga gelaran latihan militer bersama as-korsel, telah mengeluarkan serangkaian ancaman perang nuklir terbuka selama beberapa pekan terakhir.

puncak ketegangan itu terjadi ketika kantor berita yonhap, yang mengutip pejabat pemerintah korsel, menungkapkan korut telah menyiapkan rudal jarak menengahnya di perangkat peluncur bergerak serta menyembunyikannya selama fasilitas bawah tanah dekat pantai timur mereka.

jazayeri mendukung korut dalam memanasnya suhu dalam semenanjung korea tersebut melalui menyebut negara independen semisal korut tidak sejalan dengan gaya petualangan amerika serikat

dia serta mengeritik pbb dan dianggap sudah terpengaruh oleh amerika serikat dan membiarkan ketegangan menyebar pada kawasan tersebut.

ketegangan dalam semenanjung korea sudah meningkat sejak desember, ketika korut memulai launching roket jarak jauhnya.

jazayeri memberi selamat kepada pyongyang atas launching itu, sementara iran di februari menyerukan pemusnahan seluruh senjata atom di dunia sesudah korea utara mengumumkan percobaan nuklir paling besar mereka.

kita harus berada dalam sebuah kondisi selama mana tidak ada negara dan bisa memiliki senjata nuklir juga senjata pemusnah massal dan senjata nuklir mesti dihancurkan, tutur jubir kemenlu iran, rahmin mehmanparast, dalam saat itu.

pyongyang juga teheran mempunyai hubungan bagus sejak revolusi islam 1979. kedua negara itu melayani sanksi dewan keamanan pbb atas web rudal balistik juga pengayaan nuklir.

sebuah laporan sanksi pbb dalam 2011 menyebutkan bahwa teheran dan pyongyang diduga berbagi teknologi rudal balistik, sementara tak banyak konfirmasi resmi dari kedua negara tersebut hingga ketika ini, itulah afp.