Korea Selatan-AS perpanjang kerja sama nuklir

korea selatan juga amerika serikat (as) sepakat memperpanjang kerja sama nuklir tujuan damai dalam dua tahun.

korea selatan berharap perpanjangan tersebut memungkinkan seoul membuat bahan bakar nuklir sendiri.

perjanjian dan ditandatangani dalam 1974 itu mau berakhir tahun depan.

perpanjangan perjanjian disepakati agar memungkinkan lebih banyak perundingan tentang topik hangat yang memungkinkan korea selatan memroses ulang batang bahan bakar yang digunakan.

Informasi Lainnya:

kedua belah pihak mencapai kesepakatan akan tetapi tenntang upaya mengubah kesepakatan yang ada selama dua tahun dengan alasan mereka membutuhkan lebih banyak waktu, tutur juru bicara kementerian luar negeri cho tai-young semisal dikutip afp.

korea selatan berpendapat pihaknya mesti memproduksi bahan bakar nuklir sendiri supaya memenuhi kebutuhan 23 reaktor yang menyediakan sepertiga daripada pemakaian energi juga menguras stok batang bahan bakar bekas yang dikatakan telah mencapai kapasitas penuh.

amerika serikat sudah menolak dengan alasan proliferasi, sebab pengolahan kembali menghasilkan cadangan plutonium terpisah dan lalu mampu diperkaya ke tingkat yang memadai supaya senjata.

korea selatan telah memberi usul bidang pemrosesan pyro, teknik baru dan dianggap kurang kondusif supaya proliferasi sebab menyisakan plutonium terpisah yang bercampur melalui senyawa fisil alami.

topik dan memungkinkan korea selatan untuk memproduksi bahan bakar nuklir sendiri merupakan lebih serius seiring dengan upaya korea utara mengakibatkan program senjata nuklirnya.

hal tersebut sudah mendorong meningkatnya seruan dari grup minoritas berpengaruh di korea selatan supaya negara tersebut mampu melakukannya sendiri daripada selalu bergantung dalam payung nuklir as.