Pramuka NU gelar jambore nasional pertama

pramuka dalam lingkungan lembaga pendidikan nahdlatul ulama ingin mengadakan jambore nasional di mojoagung, kabupaten jombang, jawa timur selama 24--29 juni 2013.

ini jambore nasional pertama selama lingkungan studi nu, tutur ketua pengurus pusat lembaga pendidikan (pp lp) ma`arif nu hz arifin junaidi ketika peluncuran jambore nasional bertema perkemahan wirakarya ma`arif nu nasional (perwimanas) selama jakarta, sabtu.

hadir pada acara itu wakil ketua kwartir nasional pramuka bidang organisasi juga kerja sama amoroso katamsi, menteri pembangunan daerah tertinggal helmy faishal zaini, jajaran panitia pusat dan daerah, juga sederat anggota pramuka di lingkungan pendidikan nu.

menurut arifin, hingga ketika ini sudah terdaftar sebanyak 1216 audien dari 19 provinsi yaitu dari bali, jawa timur, jawa tengah, jawa barat, banten, diy, kalimantan barat, kalimantan tengah, kalimantan timur, bangka belitung, maluku utara, sulawesi sedang, sumatera utara, ntb, lampung, bengkulu, dki, serta jambi.

Informasi Lainnya:

target kita seluruh provinsi bisa mengutus putra terbaiknya, ujarnya.

menurut dia, acara jambore nasional nanti selain diisi dengan model kepramukaan juga hendak diperkaya dengan berbagai kegiatan semisal pelatihan kepemimpinan, jurnalistik, diskusi serta penyuluhan perihal hiv/aids, serta pentas budaya.

selain itu, lanjut dia, pada acara jambore nanti pihaknya sekaligus hendak meluncurkan gugus satuan komunitas pramuka yang menghimpun berbagai gugus kepramukaan dalam lingkungan lp ma`arif nu mulai daripada satuan pendidikan, cabang, wilayah, dan nasional sebagaimana disarankan kwarnas.

arifin menyatakan lp ma`arif nu, yang mengurus pendidikan formal dari tingkat dasar serta menengah selama lingkungan nu, membawahi 13 ribu sekolah, sepertiga pada antaranya sekolah umum, melalui kasus siswa kurang lebih sembilan juta siswa dan di ini turut menyukseskan program-program kepramukaan yang diselenggarakan dengan kwarnas, kwarda, dan kwarcab.

organisasi kepramukaan dalam sekolah dan madrasah kami amat massif. bahkan supaya wilayah jawa timur, kegiatan perkemahan telah rutin kami laksanakan setiap tahun dengan menyertakan perwakilan gugus depan pasling baik selama tiap-tiap cabang, ujarnya.

oleh karena itu, pihaknya optimistis bisa mewujudkan gugus satuan komunitas pramuka di lingkungan lp ma`arif nu.

karena kami mengikuti persyaratan pembentukan gugus satuan komunitas, dan pada antaranya merupakan memiliki kepengurusan wilayah minimal pada lima provinsi, papar arifin.