Dua jenis pergerakan tanah di Majalengka

pusat vulkanologi dan mitagasi bencana geologi (pvmbg), badan geologi menungkapkan banyak dua jenis longsoran pada pergerakan tanah dalam kampung cigintung desa cimuncang kecamatan malausma, kabupaten majalengka, jawa barat, yang terjadi selama 15 april 2013.

ada dua bidang pergerakan tanah dalam situ, pertama merupakan jenis ialah jenis longsoran juga kedua ialah bidang gerakan tanah rayapan, tutur kepala pusat vulkanologi juga mitigasi bencana geologi surono, pada bandung, surono, senin.

pergerakan tanah bidang longsoran tersebut, papar surono, adalah longsoran dan menutup ataupun menimbun sawah seluas 6 hektar selama kawasan tebingnya dalam kampung cigintung desa cimuncang kecamatan malausma, kabupaten majalengka, jawa barat.

sementara untuk pergerakan tanah jenis gerakan tanah rayapan terjadi selama bawah tebing-tebingnya, ujarnya.

Informasi Lainnya:

ia mengungkapkan, pergerakan tanah rayapan ini mempunyai ciri-ciri gerakannya lambat berbeda melalui bidang longsoran.

menurut dia, pergerakan tanah jenis tanah rayapan ini juga terkandung di kawasan lainnya yakni selama hambalang, kabupaten bogor serta kilomter 97 tol cipularang.

surono mengungkapkan, kenapa di sini rentan pergerakan tanah sebab pada kawasan itu terdapat bidang tanah lempung ataupun batuan formasi kaliwangi.

jadi dalam wilayah itu apabila kena air, maka hendak maka bubur sehingga tanah bergerak. keuntungan ini diperparah dengan ada pertanian lahan basah seperti sawah juga kolam ikan, ujarnya.

dikatakannya, kampung cigintung desa cimuncang kecamatan malausma, kabupaten majalengka itu tergolong ke selama zona pergerakan tanah menengah dan tinggi.

artinya daerah itu bisa terjadi pergerakan tanah tinggal bila curah hujannya tinggi selama situ, katanya.