Anis Matta: kerukunan Indonesia-Malaysia harus dipertahankan

presiden partai keadilan sejahtera (pks) anis matta menegaskan kerukunan hubungan indonesia-malaysia harus selalu dipertahankan supaya perkembangan kawasan asia tenggara, terutama dunia islam.

malaysia baru saja menyelesaikan pemilu raya. siapapun dan diamanahi memimpin, hubungan malaysia melalui indonesia harus tetap elok. kedua negara ini bersaudara, juga kita perlu memelihara agar kedua negara tetap rukun, kata anis pada keterangan tertulisnya selama jakarta, kamis.

pernyataan presiden partai keadilan sejahtera (pks) anis matta itu diutarakan ketika adalah narasumber dalam diskusi bertema `gerakan membangun peradaban` yang diadakan persatuan pelajar-mahasiswa malaysia pada amman, yordania, kamis (2/5) petang waktu setempat.

anis menungkapkan hubungan baik tersebut mesti dijaga sebab indonesia dan malaysia mempunyai posisi strategis di tataran dunia islam global. berdasarkan dia, indonesia dan malaysia adalah negara berpenduduk mayoritas muslim dan perkembangan demokrasi dan pertumbuhan ekonomi kedua negara sejauh ini positif.

Informasi Lainnya:

dia menyampaikan stabilitas politik serta kemajuan ekonomi indonesia-malaysia menjadi tumpuan masa depan dunia islam ke depan.

selain turki serta mesir, malaysia dan indonesia merupakan tumpuan dan harapan baru bagi umat islam global. keempat negara inilah yang mempunyai peran untuk `pioneer` dunia islam kini. dalam percaturan peradaban global ke depan, keempat negara diharap berperan banyak, katanya.

anis sempat menyinggung pasang-surut hubungan indonesia-malaysia, dan dirinya harapkan semua bagian supaya mencegah persoalan perbatasan adalah pemicu keretakan hubungan kedua negara. masalah perbatasan menurut dia, sering memicu ketegangan politik dan seharusnya diselesaikan dengan bagus.

ketua perhimpunan pelajar-mahasiswa malaysia pada amman, mursyid al-ami, mengatakan paparan anis matta mengilhami mahasiswa malaysia untuk berwawasan global. selama ini, papar mursyid, mahasiswa cenderung berwawasan terbatas.

ilmu dan dilontarkan di atas mengajak kaum kaum muda untuk mempunyai visi jauh ke depan. cakupannyapun tak dibatasi dengan negara, ujar mursyid.

anis matta berada pada yordania setelah memimpin konsolidasi perwakilan pks sedunia dalam istanbul, turki. dalam amman, ibu kota yordania, anis berhadapan tokoh islam setempat, disamping berdiskusi dengan kalangan mahasiswa.