Pemilu Malaysia digelar, jutaan warga datangi TPS

sekitar 13,26 juta warga negara malaysia hari ini secara serentak mendatangi tempat-tempat pemungutan suara (tps) yang telah ditentukan guna menyatakan aspirasinya dalam pemilihan raya publik (pru-13) malaysia.

pemilu ini diselenggarakan dari pukul 08.00 pagi sampai 17.00 masa setempat dalam 8.789 tps di seluruh malaysia.

di kuala lumpur, minggu, masyarakat malaysia dari pagi sudah mulai berdatangan serta para pemilih tersebut tampak antusias agar mengatakan hak suaranya di tps yang berdekatan melalui website tinggalnya.

bahkan, jumlah penduduk yang ke tps kian ramai biarpun ditengah panas teriknya matahari.

Informasi Lainnya:

perdana menteri malaysia datuk seri najib tun razak menyatakan pemilu di malaysia berjalan melalui lancar oleh karenanya tak banyak alasan untuk mempertanyakan hasilnya.

tidak ada alasan agar takut ataupun khawatir sebab berbagai bisa dikendalikan, papar najib sesudah memberikan suaranya bersama istri datin seri rosmah mansor selama pekan, pahang, semisal dikutip thestar online.

najib menyampaikan, koalisi yang dipimpinnya barisan nasional perlu memenangi pemilu kali ini karena kami memiliki rekam jejak yang lebih bagus dan agenda dan lebih baik untuk malaysia.

sementara itu pemimpin oposisi datuk seri anwar ibrahim dan istrinya datuk seri wan azizah wan ismail memberikan suaranya selama sekolah kebangsaan penanti, permatang pauh, pulau pinang dalam pukul 8.40 waktu setempat.

anwar mengaku optimistik koalisi oposisi pakatan rakyat hendak menang. manakala pemungutan suara berjalan melalui baik, kemungkinan kami untuk menang juga tinggi, ujarnya.

polisi melarang kaum pendukung partai supaya menggarap konvoi kendaraan serta penampilan jalanan lain sesudah hasil awal pemilu diumumkan.

deputi inspektur jendral polisi tan sri khalid abu bakar menyampaikan meski tak ada indikasi kehadiran kerusuhan hari ini, kebijakan itu tetap diambil untuk menghindari hal-hal dan tak dicari.

kami minta seluruh bagian dapat melayani hasil pemilu melalui lapang dada, katanya.

polisi juga memperingatkan pihak-pihak yang berencana mengadakan perhimpunan kebangkitan rakyat pada putrajaya hari ini untuk tak melanjutkan rencananya itu.

inspektur jendral polisi tan sri ismail omar menungkapkan polisi sudah melayani Informasi tentang rencana itu yang dimaksudkan untuk menolak hasil pemungutan suara kalau hasil itu tidak berpihak pada partai tertentu.

koordinator penampilan tersebut akan mengumpulkan sekitar 5 ribu orang di masjid putrajaya dekat kompleks kantor perdana menteri.

semua bagian harus melayani hasil pemilu serta polisi telah bersiap supaya mengikuti tindakan terhadap mereka yang mau mengganggu keamanan juga ketertiban, tegasnya.